Manfaat kulit manggis dan cara-cara nak buat jus dari kulit buah manggis

Berikut adalah 35 manfaat kulit manggis untuk kesihatan:
1. Memperkuat sistem kekebalan.
2. Mengatasi keracunan makanan.
3. Mengatasi sesak nafas.
4. Mengurangi resistensi insulin.
5. Membantu mencegah batu ginjal.
6. Menurunkan tekanan darah tinggi.
7. Memperlambat proses penuaan.
8. Menyembuhkan peradangan.
9. Alat bantu sistem getah bening.
10. Membantu menghentikan diare.
11. Mengurangi sakit gigi.
12. Memperbaiki komunikasi antar sel.
13. Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
14. Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
15. Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
16. Mengagalkan kerusakan DNA.
17. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
18. Membantu meringankan penyakit asma.
19. Membantu mencegah disentri.
20. Dapat mencegah kanker.
21. Memberantas penyakit TBC.
22. Membantu penurunan berat badan.
23. Memperkuat pembuluh darah.
24. Menurunkan kolesterol LDL.
25. Membantu mencegah penyakit jantung.
26. Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah).
27. Menyembuhkan luka tenggorakan.
28. Membantu menyembuhkan borok/bisul.
29. Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
30. Membantu menyembuhkan sariawan.
31. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
32. Sebagai obat pencuci perut yang lembut.
33. Mencegah gejala yang berhubungan dengan penyakit lupus.
34. Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
35. Meredakan sakit akibat radang sendi.

Selain 35 manfaat kulit manggis untuk kesehatan diatas masih banyak lagi khasiat dan manfaat kulit manggis. Untuk cara mendapatkan khasiat kulit manggis, anda bisa membuatnya menjadi jus untuk kemudian dikonsumsi.

CARA MEMBUAT JUS DARI KULIT BUAH MANGGIS

1. Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus. Ambil 1-3 buah kulit manggis, kerok lalu diblender/juicer. Agar manis tambahkan madu secukupnya, bisa juga ditambah gula aren atau gula merah/jawa. Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat hasilnya dan rasanyapun juga sepat. 

2. Kulit manggis direbus, air rebusannya digunakan untuk membuat jus. Kalau tidak ingin rasa terlalu pekat dengan kulit manggis segar, maka bisa dengan cara merebusnya lalu gunakan air rebusan untuk ngejus. Ambil 3-5 kulit buah manggis rebus dengan 6 gelas air hingga tinggal 3 gelas air. Gunakan air untuk ngejus buah kesukaaan anda, air yang digunakan disesuaikan dengan tingkat keenceran jus yang dikehendaki. Sisa air rebusan bisa diminum sebagai wedang bisa disimpan dikulkas dan dipakai hari berikutnya. Beberapa herbalis memberikan resep pengobatan dengan menggunakan air rebusan kulit manggis ini untuk langsung diminum 2-3 kali sehari dengan ditambahkan madu secukupnya.

3. Dikeringkan dan direbus. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis karena sudah lewat musin sehingga tidak ada lagi dipasar, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan dijemur. Karena sekarang juga musim hujan, maka cermati tingkat kekeringan dan kemungkinan tumbuhnya jamur pada kulit manggis yang belum-belum benar kering dijemur. Setelah kering simpan ditempat kering agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil kulit manggis kering segenggam, cuci bersih lalu direbus, airnya digunakan untuk membuat jus seperti cara ke 2 diatas.

4. Dikeringkan dan ditumbuk. Cara keempat ini juga digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kulit manggis karena sudah tidak musim buah manggis. Bedanya kalau yang ketiga setelah dikeringkan direbus lalu airnya untuk ngejus, yang ke empat ini setelah dikeringkan kemudian ditumbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai untuk ngejus, tentu saja dengan tambahan buah lainnya. Pilihan buah tergantung selera kita, tidak ada patokan harus buah apa, kecuali memang untuk pengobatan penyakit tertentu yang harus pantang buah tertentu atau mengkonsumsi buah tertentu.

5. Kulit dan buah manggis dijus. Nah cara terakhir ini tidak hanya kulit manggisnya saja yang dijus, tetapi seluruh buah manggisnya kecuali tangkai dan kelopak manggis.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...